Sejarah Internet dan Perkembangannya
Internet pertama kali diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan pertama kali dicoba pada tahun 1969. Pada awal keberadaan internet sendiri serasa sangat diperlukan hanya untuk kebutuhan militer saja untuk menghubungkan komputer satu didaerah dengan komputer lainnya didaerah lain agar dapat bertukar informasi secara cepat.
Sejarah Internet berikutya pada
tahun 1972 tepatnya pada bulan Oktober Apranet sebagai pemegang proyek yang
manangani pembuatan internet akhirnya memperkenalkan internet untuk kepentingan
pendidikan yang ditujukan untuk non-militer dan menyatukan beberapa universitas
negara Amerika sehingga membentuk suatu jaringan terpadu dan secara umum antara
lain adalah universitas Stanford Research Institute, University of California,
Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
Tahun 1971 - Anggota jaringan
ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas
komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas
yang menjadikan sebuah sejarah internet dimana Apranet dapat membagi dua proyek
antara internet militer dan non milter.
Tahun 1972 - Sebuah kelompok
kerja yang disebut dengan International Network Working Group (INWG) dibuat
untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar
untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara
pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai
"Bapak Internet".
Tahun 1972 sampai 1974 - Beberapa
layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York
Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan
dial-up.
Tahun 1973 - ARPANET ke luar
Amerika Serikat dapat menjadi sebuah sejarah internet yang sangat penting
dimana pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa
universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari
Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
Tahun 1974 - Vint Cerf dan Bob
Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol
(TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
Tahun 1974 - Bolt, Beranet &
Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari
ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data
publik pertama.
Tahun 1977 - Sudah ada 111 buah
komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
Tahun 1978 - Protokol TCP dipecah
menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol
(TCP/IP).
Tahun 1979 - Grup diskusi Usenet
pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari
Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu,
penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
Awal Tahun 1980-an - Komputer
pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini
tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan
BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail,
mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science
Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang
ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND
Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF).
Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada
para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
Tahun 1982 - Istilah
"Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai
protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan,
sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host
tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
Tahun 1986 - Diperkenalkan sistem
nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang
berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan
komputer.
Tahun 1988 - Jarko Oikarinen dari
Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat.
Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10
kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk
sebuah jaringan.
Tahun 1990 - Tahun yang paling
bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang
bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992 - komputer yang saling
tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun
yang sama muncul istilah surfing the internet.
Tahun 1994 - Situs internet telah
tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping
atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama
Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
PENGERTIAN INTERNET
Internet merupakan singkatan dari
interconnection-networking. Secara harfiah internet adalah sistem global dari
seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet
Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Manakala Internet (huruf 'I'
besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan
TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication
protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara
menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
Terdapat dua bentuk akses
Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti negara
berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan
didukungnya Internet murah dan netbook murah.
Lainnya sekitar 42% dari akses
Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet , cybercafe,
hotspot (WiFi) dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses
Internet adalah di kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC
(Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP),
PDA, iPad atau PC Tablet menggunakan fasilitas yang disebut 3G atau GPRS
(General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi
wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung
aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses
yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari
operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya
kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.
Pengertian Internet Menurut
Para Ahli / Pakar
• Pengertian menurut seorang
pakar internet asal Indonesia, Onno W. Purbo menjelaskan bahwa Internet dengan
berbagai aplikasinya seperti Web, VoIP, E-mail pada dasarnya merupakan media
yang digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi. (Prihatna, 2005, p7).
• Menurut tim penelitian dan
pengembangan wahana komputer (2005, p4), Internet adalah metode untuk
menghubungkan berbagai komputer ke dalam satu jaringan global, melalui protokol
yang disebut Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP/IP).
• Menurut Lani Sidharta (1996) :
walaupun secarafisik Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun
secara umumInternet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet
adalahinformasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau perpustakaan
multimediayang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet dipandang sebagai
dunia dalambentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan di dunia
nyata ada diInternet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain
sebagainya.
• Drew Heywood (1996) menerangkan
: sejarah Internetbermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department
of Defense (DoD)memerlukan standar baru untuk komunikasi Internetworking. Yaitu
standar yangmampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer
milikkontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di universitas. Jaringanini
harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga mampu beroperasi didalamkondisi
minimum akibat bencana atau perang.
• Definisi menurut strauss,
El-Ansary, Frost (2003, p8) Internet adalah seluruh jaringan yang saling
terhubung satu sama lain. Beberapa komputer-komputer dalam jaringan ini
menyimpan file, seperti halaman web, yang dapat diakses oleh seluruh jaringan
komputer.
• Menurut O'Brien (2003, p10)
Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis,
pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah
penggunanya lebih dari 200 negara.
• Menurut Allan (2005, p12)
internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik
dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan protokol komunikasi
tertentu yang disebut Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol
(TCP). Protokol adalah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer saling
bertukar informasi.
DAMPAK
POSITIF DAN NEGATIF DARI INTERNET
Dampak Positif Internet
Sebagai Media Komunikasi
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Misalnya komunikasi melalui chatting, kirim e-mail, video conference, termasuk situs jejaring sosial seperti facebook, tweeter, dan friendster yang digandrungi para remaja untuk mencari teman.
Internet Sebagai Media Pertukaran Data
Internet bisa sebagai media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, FTP dan www (world wide web) yang memungkinkan para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Internet Sebagai Media Untuk
Mencari Informasi Atau Data
Informasi kini sangat cepat
berkembang, berita yang kita baca kemarin atau satu minggu yang lalu di media
cetak mungkin sudah tidak relevan di hari ini. Bahkan informasi yang tidak
terdapat di media cetak, bisa kita dapatkan melalui internet. Hanya dengan
mesin pencari seperti google, yahoo, msn, informasi penting yang dicari bisa didapatkan
dengan cepat dan akurat. Hal ini sangat dibutuhkan oleh siswa dan mahasiswa
untuk mencari data.
Internet Sebagai Media
Pendidikan dan Hiburan
Melalui internet kini sudah banyak tersedia perangkat lunak pendidikan seperti program-program pengetahuan dasar membaca, berhitung, sejarah, geografi, dan sebagainya. Tambahan pula, perangkat pendidikan tersebut kini juga diramu dengan unsur hiburan (entertainment) yang sesuai dengan materi, dapat ditambahkan gambar, foto, musik, serta video yang mendukung, sehingga anak semakin suka belajar melalui internet.
Manfaat lain bisa diperoleh anak
lewat program aplikasi berbentuk games yang umumnya dirancang untuk tujuan
permainan dan tidak secara khusus diberi muatan pendidikan tertentu. Beberapa
aplikasi games dapat berupa petualangan, pengaturan strategi, simulasi, dan
bermain peran (role-play). Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat
anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh
lagi. Sisi baiknya, anak dapat menjadi lebih tekun dan terpicu untuk belajar
berkonsentrasi. Kini juga banyak berkembang
kursus-kursus yang diadakan melalui internet, dimana peserta kursus tidak mesti
harus datang belajar ke tempat kursus pada waktu-waktu tertentu , namun cukup
belajar secara online dari rumah kapan saja, misalnya belajar internet
marketing di asianbrain.com.
Internet Sebagai Media Bertransaksi Dan Berbisnis
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis melalui internet memungkinkan kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan. Internet bukan hanya untuk mencari informasi saja, akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat penjualan barang dan jasa. Penjualan melalui internet ini disebut E-Commerce (electronic commerce) yang pembayarannya dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Misalnya membeli baju, membeli ebook, beraneka kue kering, kerajinan tangan, langganan majalah, beli laptop, dan lain sebagainya.
Dampak Negatif Internet
Selain berbagai manfaat positif
yang kita dapatkan melalui internet, ternyata ada beberapa orang yang justru
memanfaatkan kecanggihan internet untuk hal-hal yang bersifat negatif. Berikut
beberapa dampak negatif dari penggunaan internet.
Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa
internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
Terutama bagi kaum remaja Disana mereka bisa melihat gambar-gambar porno,
adegan-adegan yang bisa menggoyahkan iman manusia, dan itu semua dapat merusak
moral para remaja yang merupaka generasi penerus bangsa.
Violence and Gore (kekejaman
dan kesadisan)
Banyak juga game-game online yang
memperlihatkan hal yang bersifat sadis, kejam. Hal ini bisa bisa mengakibatkan
dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal, perilaku agresif dan
sadisme terutama bagi anak-anak.
Penipuan
Hal ini memang merajalela di
bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Contohnya
adalah penipuan undian berhadiah, atau iklan-iklan/program kaya secara
instan . Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding (Kejahatan
penggunaan karu kredit)
Tren belanja dengan menggunakan
kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet
karena sifatnya yang real time (langsung). Oleh sebab itu para penjahat
internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat
yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
kartu kredit) on-line dan mencatat kode kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
Diantaranya adalah pencurian uang
di bank melalui internet, dan biasanya orang yang ahli di bidang itu disebut
Hacker. Perbuatan kriminal tersebut sulit untuk di deteksi karena mereka
menggunakan taktik sendiri dan kode-kode tertentu dalam pelaksanaan misi
mereka. Ada juga membeli barang tertentu menggunakan kode kartu kredit orang
lain tanpa diketahui oleh pemiliknya ternyata saldo di rekeningnya telah
berkurang.
Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya
perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke
tempat khusus untuk memenuhi keinginannya, hanya cukup online dari rumah saja,
dan taruhannya biasanya ditransfer melalui kartu kredit. Namun kita tidak mudah
terjebak dari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif
dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
Nah sekarang semuanya tergantung
kita sendiri mau memanfaatkan internet sebagi hal yang positif yang sudah jelas
akan memberikan segudang manfaat untuk kehidupan kita, atau malah
memanfaatkan sisi negatif yang pasti nantinya akan merugikan kita sendiri.
( Buku Pintar Menguasai Internet. Media Kita,.
Jakarta. Effendy, Empy, Zhuang, Hartono. (2005) )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar