1. Definisi Web Science
Web Science merupakan salah satu penjabaran
dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan
sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam
atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik
yang bersifat statis maupun dinamis.
Science
adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang
memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya.
Jadi,
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu
pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat di unduh dari dunia
maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang
ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
Sejarah Web:
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan situs web
yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada tahun 1991 Pada tanggal
30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW dapat
digunakan secara gratis oleh publik.
WWW
adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991.
Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip
risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi.
Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan
program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai
arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang
kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW
dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN),
Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan
hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah
dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara
resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
• Pre-Web:
-
MEMEX
Memex,
Memex ( berasal dari "memori" dan "index") adalah
nama dari sistem proto hypertext hipotetis yang dijelaskan oleh Vannevar Bush
pada tahun 1945 di Artikel Atlantic Monthly As We May Think (AWMT) Memex akan
memberikan suplemen penting dan diperbesar ke memori seseorang. Konsep memex
mempengaruhi perkembangan sistem hypertext awal (akhirnya mengarah pada
pembentukan World Wide Web) dan perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
-
Hypertext
Hypertext
adalah teks yang link ke informasi lain. Dengan mengklik pada link dalam
dokumen hypertext, pengguna dapat dengan cepat melompat ke konten yang berbeda.
Meskipun hypertext biasanya berhubungan dengan halaman Web, teknologi telah ada
sejak tahun 1960-an. Software program yang mencakup kamus dan ensiklopedia
telah lama digunakan hypertext dalam definisi mereka sehingga pembaca dapat
dengan cepat mengetahui lebih lanjut tentang kata-kata tertentu atau topik.
-
Internet
Internet
(kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah adalah sistem
global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar
Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh
dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang
berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran
paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang
terbesar dinamakan Internet.
-
Usenet
Seperti
artinya usenet adaah cara kita menggunakan sebuah internet, disini banyak
sekali cara seseorang menggunakan internet dimulai dengan menggunakan WWW
(World Wide Web) sampai kelebihan dan kekurangan dari sebuah internet.
Dijelaskan mulai dari Infrastruktur komunikasi Internet terdiri dari komponen
perangkat keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang mengontrol berbagai aspek
arsitektur.
-
FTP
File
Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP,
seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol
terpisah dan sambungan data antara klien dan server
-
Gopher
Gopher
adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi,
pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat berorientasi pada
desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk alternatif World
Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai popularitas.
• Web 1.0,
Web
1.0 yang sejak tahun 1992 mulai memperkenalkan beragam web browser. Pada
tingkat ini web masih bersifat read only. Merupakan
teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet
karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya,
Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk
pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.
• Web 2.0
Istilah
Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004
sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing
informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan
sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang
disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu
percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada
platform baru tersebut. Web 2.0 ini memperkaya sifat yang read only menjadi
read write.
• Web 3.0
Merupakan
rancangan untuk memperkaya Web 2.0, dimana pada Web 2.0 baru memperhatikan
pertukaran data antara manusia, pada Web 3.0 pertukaran data antar manusia-mesin,
mesin-mesin dan manusia-manusia disempurnakan
definisi
untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile
sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand. Namun,
menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara
baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan
dari data online.
•
Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Dampak
positif teknologi di bidang sosial
ü
Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat
bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin,
baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan
perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin
menonjol.
ü
Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia
melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah
meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan
semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa
Asia.
ü
Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai
konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan
pekerja keras.
-
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan
remaja dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu
menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan
sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam
rohani”.
-
Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat
semakin lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti
gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan
sentripetal yang berperan penting dalam menciptakankesatuan sosial. Akibatnya
bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan
pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret,pelanggaran
lalu lintas sampai tindak kejahatan.
-
Pola interaksi antar manusia yang berubah kehadiran komputer pada
kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi
keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah membuka peluang bagi
siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program internet relay chatting
(IRC) internet dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya
sendiri.
Dampak
teknologi komputer di bidang ekonomi
Dalam
bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat
kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
ü
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
ü
Terjadinya industrialisasi
ü
Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Persaingan
dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan
pengetahuan yang dimiliki.Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi,
akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang
diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan
akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan
adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan
pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah
tersebut.
• Web Science
Web
adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi berupa gambar,
animasi, tulisan suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang bersifat statis
atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait yang dihubungkan
dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang didapat dan bisa
menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi yang akurat. Jadi,
Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang.
Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang.
• Metodologi Web Science
Metodologi
pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi. Sehingga akan mengkombinasikan sintesis dan
analisis. Mempertimbangkan perkembangan Web yang membawa ke sisi positif
(seperti Peer to Peer) ataupun ke arah negatif (seperti phishing).
2. Arsitektur Web dan Aplikasi
Utama
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap
desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya
adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian
khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi
dan desain arsitektur web
Aplikasi Utama adalah suatu aplikasi yang
diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau
intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang
dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti HTML, JavaScript,
AJAX, Java, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan
aplikasi.
- HTTP
Hypertext
Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang
digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan
hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling
terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks,
- HTML
HyperText
Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat
sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah
web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas
format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.
- Internet
Interconnection
network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang
saling terhubung. Internet berasal dari bahasa latin "inter" yang
berarti "antara". Internet merupakan jaringan yang terdiri dari
milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis
komputer serta topology jaringan yang berbeda.
- Web server
Web
server merupakan software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima
permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan
mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya
berbentuk dokumen HTML Web yang terkenal dan yang sering digunakan adalah
Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS).
- Browser
merupakan
aplikasi perangkat lunak digunakan untuk menemukan, mengambil dan juga
menampilkan konten di World Wide Web, termasuk halaman Web, gambar, video dan
file lainnya.
- Transactions
sebuah
aplikasi sistem yang menandai upaya pertama oleh perusahaan untuk memperluas
aplikasi bisnis ke Internet melalui browser Web.
- User generated content
User-generated
Content atau disingkat UGC, dikenal juga dengan istilah consumer-generated
media (CGM) atau user-created content (UCC) adalah merujuk pada berbagai tipe
konten media, tersedia untuk umum, yang diproduksi oleh end-user.
- Blogs
Blog
merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu
baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet
sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
- Wikis
Wiki
adalah sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang memperbolehkan
penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut.
- folksonomies
sebuah
metode untuk menciptakan dan mengatur tag yangmenjelaskan dan mengategorikan
content. Tag tersebut umumnya merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda
pada sekumpulan item yangberhubungan dengan tag tersebut.
- Social networks
Social
Networking adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social
media sites / situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana
saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dan tidak jarang juga, orang-orang yang
“maenan” situs semacam ini dibilang melakukan kegiatan yang ngga mutu.
- Semantic Web summary:
pengembangan
dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan,
sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Web Semantik berasal dari World
Wide Web Konsorsium dari Web sebagai media universal data, informasi, dan
pertukaran pengetahuan.
v
XML
XML
(eXtensible Markup Language) dikembangkan mulai tahun 1996 dan mendapatkan
pengakuan dari W3C pada bulan Februari 1998. XML adalah bahasa markup untuk
keperluan umum yang disarankan oleh W3C untuk membuat dokumen markup untuk
pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari
HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar untuk melacak
Internet.
v
RDF
Salah
satu tulang punggung Web 3.0 adalah format dan spesifikasi yang memungkinkan
komunikasi dan interaksi pada level mesin, W3C mendefinisikan format metadata
yang dikenal dengan RDF (Resource Description Format). RDF terdiri dari tiga
komposisi, meliputi subject, predicate, dan object.
v
OWL
OWL
(Web Ontology Language) adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang
dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi
ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia. OWL merupakan
rekomendasi W3C (World Wide Web Consortium) dalam penulisan ontology untuk web
untuk web semantic.
v
Microformats
Microformats
adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah
terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman
web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan
diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.
v
Microdata
Microdata
merupakan perkembangan bahasa markup yang masih termasuk kedalam
machine-readable metadata (mesin pembaca metadata) untuk menguraikan konten
web.
- Web security
Suatu
tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab
melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut. Saat ini, ada beberapa
jenis serangan yang sangat rentan pada website-website. Serangan-serangan ini
juga termasuk serangan yang sangat sering digunakan oleh peretas untuk
mengacak-acak sebuah website. Diantaranya adalah: Sql Injection, XSS ( Cross
Site Scripting), LFI ( Local File Inclusion ) dan RFI (Remote File Inclusion ).
3. Pengelolaan Web
- Institusi: W3C, IETF, ICANN
I.
W3C ( World Wide web Consortium )
World
Wide Web Consortium (W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk
mengembangkan standar-standar untuk World Wide Web
II.
Internet Engineering Task Force
(IETF)
IETF
( Internet Engginering Task Force ) adalah Komunitas International
jaringan terbuka dalam perancangan jaringan,operator,vendor peneliti berkaitan
dengan evolusi arsitektur Internet dan kelancaran Internet.
III.
Internet Corporation for Assigned
Names and Numbers (ICANN)
ICANN
(Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) adalah organisasi nirlaba
yang didirikan untuk bertanggungjawab dalam alokasi ruang alamat IP, pemberian
parameter protokol, manajemen sistem nama domain, dan manajemen sistem root
server yang sebelumnya dikerjakan oleh Pemerintah Amerika.
- Pemerintahan:
1) Hukum privasi
Hukum
Privasi merupakan hak pemegang hak cipta yang membatasi penggandaan tidak sah
atau suatu ciptaan yang hak tersebut terbatas dan secara privasi hanya pada
suatu lingkup tertentu
2) Hukum hak cipta Copyright)
Hak
cipta adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur
penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak
cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga
memungkinkan pemegang hak tersebut untuk membatasi penggandaan tidak sah atas
suatu ciptaan. Pada umumnya pula, hak cipta memiliki masa berlaku tertentu yang
terbatas.Hak cipta berlaku pada berbagai jenis karya seni atau karya cipta atau
“ciptaan”.
- Prinsip dan serangan :
- Jaringan kesetaraan (netral)
Jaringan
kesetaraan atau disebut juga netralitas jaringan secara garis besar menyatakan
bahwa para pengguna internet harus mempunyai akses yang sama terhadap semua
jenis informasi di internet, dan perusahaan-perusahaan yang menawarkan layanan
internet tidak boleh memberikan prioritas kepada beberapa sumber-sumber atau
tipe-tipe konten tertentu.
- Sensor
Milyaran
komputer saling terkoneksi membentuk internet dan tak seorangpun, baik itu
pemerintah maupun badan tertentu yang dapat mengontrolnya. Tidak ada hukum di
dunia maya ini, siapapun dapat meletakkan websitenya agar dapat diakses oleh
siapapun didunia yang memiliki akses internet. Namun ada beberapa negara yang
berpikir bahwa sumber informasi yang tak terbatas ini berbahaya bagi
penduduknya.
- Kasus pada Syrian Internet
Army
The
Syrian Electronic Army (SEA), atau juga dikenal sebagai Syrian Electronic
Soldiers, adalah kumpulan hacker komputer yang mendukung pemerintah Presiden
Suriah Bashar al-Assad. Menggunakan serangan denial of service, perusakan, dan
metode lainnya, terutama menargetkan kelompok oposisi politik dan situs barat,
termasuk organisasi berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik
Suriah adalah publik pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka
melancarkan serangan cyber pada lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari
hubungan dengan pemerintah Suriah tidak jelas.
Serangan
elektronik (peretasan) terhadap web site barat dapat menjadi salah satunya dan
pembenaran untuk tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak dapat menjadi
pembenaran untuk invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front perang cyber secara
besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi militer.
4. Web Content
Web
content adalah isi dari website yang telah dibuat tanpa adanya file-file
halaman web dan file pendukung, maka domain dan hosting yang telah dimiliki
tidak akan menampilkan apa-apa jika diakses.
v
Media
Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan atau Association of Education and Communication Technology (AECT) membatasi media sebagai saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
v
Standar
v
Bahasa
Dalam
pembuatan web, kita memerlukan bahasa pemrograman untuk mengatur tata letak
ataupun design dari sebuah web yg akan dibuat. Banyak bahasa pemrograman web di
antaranya :
1.
Bahasa Pemrograman HTML
2.
Bahasa Pemrograman PHP
3.
Bahasa Pemrograman Javascript
4.
Bahasa Pemrograman CSS
v
Keberagaman budaya
Pada
Zaman modern seperti saat ini, kemajuan IPTEK sangat berkembang pesat dan
sangat mempengaruhi keberagaman budaya yang ada. Kemajuan IPTEK juga membawa
dampak positif bagi masyarakat yang ada, tetapi juga memiliki dampak negatif.
Beberapa dampak positif dan negatif nya antara lain:
Dampak Positif :
ü
Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan
terbaru
dibumi bagian manapun melalui internet.
ü
Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat
jauh
hanya dengan melalui handphone.
ü
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
ü
Terjadinya industrialisasi
ü
Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Dampak
Negatif :
-
Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris.
-
Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat diinternet,
biasanya
-
Disalahgunakan oleh pihak tertentu dan untuk tujuan tertentu.
-
Penyalahhgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu
untuk melakukan tindakan kriminal.
v
Model Generative
perubahan
paradigma dalam deskripsi bentuk, generalisasi dari objek yang dioperasikan :
sebuah bentuk digambarkan oleh urutan langkah-langkah pengolahan, bukan hanya
hasil akhir dari penerapan operasi. Desain bentuk menjadi desain aturan.
v
Model Retorika di Web
Rhetorical
Web adalah fitur yang signifikan dari WWW , bahwa hiperlink bisa
mengoperasikan secara semantik dan navigational yang merupakan jembatan
komunikasi antar page . Di sisi lain , tautan (link) menyarankan asosiasi yang
berarti antara halaman web dan isi dari halaman web , dan bisa
memfasilitasi ciptaan tropis (tropic creation) yang berguna .
v
Web annotations
- Tagging
Dalam
sistem online komputer,label (tag) adalah kata kunci non hierarki atau
tidak bertingkat yang tugasnya adalah menunjukkan potongan-potongan informasi
(seperti petunjuk internet,gambar digital,atau file komputer). Label merupakan
jenis metadata yang membantu untuk menjelaskan suatu hal dan
memungkinkan hal tersebut ditemukan ketika melakukan pencarian (browsing).
- Metadata
Metadata
adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau
setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali,
digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data
atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai
isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu
nantinya dalam suatu basis data.
- Rich Snippets
Tidak ada komentar:
Posting Komentar