NPM : 51412117
Kelas : 3IA25
TUGAS SOFTSKILL 2
Pengaruh Kebudayaan dan Teknologi dalam
Membuat Design Pemodelan Grafis
Ada sebuah pengaruh terhadap
kebudayaan dan juga teknologi dari suatu desain pemodelan grafis. Budaya yang
digunakan sebagai sumber pemikirnan utnuk mengembangkan suatu desain grafis.
Banyak budaya kita yang menarik digunakan sebagai desain grafis, sebagai
contohnya adalah kerajinan kain daerah, keramik dan masih banyak lainnya.
Dengan semakin majunya
perkembangan teknologi maka semakin mudah bagi kita untuk menciptakan karya
desain grafis dengan waktu yang cepat dan kita pun bisa menghasilakn banyak
sedali desain grafis sehingga lebih mengefisienkan segalanya.
Desain Pemodelan Grafis juga
berkaitan erat dengan grafik komputer.
Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
· Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
· Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
· Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.
· Kerangka Grafik Komputer.
· Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware
(Graphic System.
· Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics
library.
· Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
· Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.
Bidang- bidang studi yang berkaitan dengan desain pemodelan grafis
Teknik Elektronika
Ilmu ini menyediakan teknologi
kerangka kerja untuk desain sistem manusia komputer. Karena berbicara mengenai
komputer, khususnya dari sisi perangkat keras tidak terlepas dari pembicaraan
mengenai Teknik Elektronika. Selain dari sisi perangkat keras, juga harus
mengerti perangkat lunak berkaitan dengan sistem aplikasi yang akan
dikembangkan. Bidang teknik elektronika merupakan bidang utama dalam kerangka
perancangan suatu sistem interaksi mausia-komputer.
Psikologi
Psikologi perilaku dan kognitif dikonsentransikan
dengan pemahaman perilaku manusia, persepsi, proses kognitif dan keahlian
mengontrol motorik, dan mengajukan model proses tersebut yang dapat memberikan
pengetahuan yang bermanfaat ke dalam metode pencocokan mesin terhadap pengguna
manusia.
Pengalaman psikologi menyediakan teknik evaluasi formal untuk mengukur kinerja objektif dan opini subjektif dari sistem manusia-komputer.
Ergonomi
Ergonomi dikonsentrasikan lebih
pada aspek fisik dari pencocokan mesin ke manusia, dan didukung suatu data antropometrik
yang menyediakan pedoman dalam desain tempat kerja dan lingkungannya, papan
ketik komputer, dan layar monitor dan aspek fisik dari alat-alat antarmuka
antara manusia dan mesin.
Ilmu Bahasa
Komunikasi manusia-komputer
secara definisi melibatkan penggunaan dari berbagai jenis bahasa, apakah
bahasa itu merupakan ‘bahasa natural’, suatu bahasa barbasis perintah tunggal,
berbasis menu, pengisian formulir, atau suatu bahasa grafis. Ilmu Bahasa adalah
pelajaran mengenai bahasa dan aspek seperti halnya bahasa komputasi dan bahasa
teori formal menimpa formalitas ilmu komputer, dan digunakan secara luas dalam
spesifikasi formal dari dialog-dialog manusia-komputer. Teori komunikasi
matematis, seperti halnya Usaha (Shannon, 1948) dan ‘Prinsip Usaha Manusia
Terakhir’ (Zipf, 1949), juga menjadi jembatan antara ilmu bahasa, ilmu
komputer dan teknik elektronika.
Sosiologi
Sosiologi dalam konteks ini
dikonsentrasikan dengan studi dari pengaruh sistem manusia-komputer pada
struktur lingkungannya.
Antropologi
Antropologi (Ilmu Manusia)
dikonsentrasikan dengan studi dari interaksi manusia – komputer. Dimana
interaksi ini dipengaruhi oleh teknologi yang ada (sebagai contoh di kantor),
antropologi dapat menyediakan pengetahuan yang bernilai ke dalam aktifitas seperti,
interaksi tim dengan sistem komputer, sebagai contoh tim kerja desain, kelompok
penulis, dan lain-lain.
Desain Grafis dan Tipografi
Kemampuan estetika dari desain
grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem
manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan
powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru
yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan.
Manfaat Desain Pemodelan Grafik dalam berbagai Bidang
Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan
digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat
melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek
ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah
diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan
simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar
kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang
ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai
dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di
selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang
dapat membuat film semakin menarik.
Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer
digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan
dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain
kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad
semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan
yang akan dibuat.Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu
model yang sama seperti aslinya.
Bidang Budaya
Dengan membuat desain dimedia
komputer, kita dapat langsung men-share hasil karya kita keseluruh dunia
melewati internet pastinya, jadi seluruh budaya bangsa ini bisa dapat dikenal
dengan mudah oleh dunia. Cukup mudah untuk memperkenalkan suatu budaya negara
ke dunia, kita tinggal membuat desainnya dikomputer menggunakan software model
grafik, hasilnya selesai langsung dishare melalui internet.
Bidang Teknologi
Desain grafis, seperti disiplin
ilmu lainnya, terkait dengan teknologi di berbagai tingkatan. Teknologi
mempengaruhi bagaimana desain yang diproduksi dan juga mempengaruhi
perkembangan dalam gaya, seni dan masyarakat secara keseluruhan, yang pada
gilirannya tercermin dalam bentuk desain. Teknologi juga menawarkan desainer
berbagai media untuk proyek-proyek mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar