NPM : 51412117
Kelas : 3IA25
Tugas Softskill 1
Pemahaman Desain Pemodelan Grafik
Apa
itu Desain?
Desain merupakan gambaran atau
pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu obyek. Contohnya adalah
desain suatu iklan. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh
seorang desainer. Desain iklan tersebut dibuat untuk memenuhi keinginan suatu
perusahaan yang memesan iklan tersebut agar sesuai dengan keinginan perusahaan.
Desain tersebut dibuat agar mempermudah proses pembuatan iklan tersebut.
Apa itu Pemodelan Grafik?
Pemodelan
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.
Grafik (Grafis)
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Apa itu Desain Pemodelan Grafik?
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.
Grafik (Grafis)
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Apa itu Desain Pemodelan Grafik?
Desain Pemodelan Grafik itu
sendiri adalah suatu seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya
dimana dalam proses atau tahapan pengerjaan secara keseluruhannya dengan
melibatkan komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan objek bisa diperlihatkan
secara 3 dimensi,sehingga banyak yang menyebut hasil inisebagai pemodelan 3
dimensi (3D modeling).
Sejaran Desain Pemodelan Grafik
Sejaran Desain Pemodelan Grafik
Desain grafis berkembang pesat
seiring dengan perkembangan sejarah peradaban manusia saat ditemukan tulisan
dan mesin cetak. Pada tahun 1447, Johannes Gutenberg (1398-1468) menemukan
teknologi mesin cetak yang bisa digerakkan dengan model tekanan menyerupai
disain yang digunakan di Rhineland, Jerman, untuk menghasilkan anggur. Ini
adalah suatu pengembangan revolusioner yang memungkinkan produksi buku secara
massal dengan biaya rendah, yang menjadi bagian dari ledakan informasi pada
masa kebangkitan kembali Eropa.
sejarah singkat:
- Awalnya desan grafis telah ditemukan sekitar 15.000 – 1000 sebelum masehi. Dimana orang-orang roma telah menggunakan gambaran diatas dinding gua senagai bahasa virtual.
- Kemudian pada tahun 1880, New York Daily Graphic banyak menggunakan elemen grafik yaitu dengan memasukkan elemen fotografi.
- Pada tahun yang sama , poster ilustrasi berwarna dihasilkan dan dilekatkan disekitar Bandar di amerika dan eropa.
- Pada tahun 1930 hingga 1930, kumpulan avant grade telah memperkenalkan istilah art nouveu yang mempelopori seni huruf.
- Antara pereka grafik yang terkenal dalam kumpulan avant grade ialah hendri de Toulouse-lautrece (1864-1901), peter Behrens (1869 – 1940), jules cheret (1836 – 1932)
Prinsip
dan Unsur
UNSUR
Dalam setiap karya desain grafis
terdiri bagian yang dapat kita pelajari secara terpisah. Berikut adalah
unsur-unsur dari desain grafis yang dapat kita perhatikan:
1. Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain
yang menghubungkan antara satu titik dengan titik poin yang lain sehingga
berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight).
2. Bentuk (Shape)
2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang
memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk yang banyak dikenal oleh orang
adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle). Pada kategori
sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu:
·
Huruf (Character)
·
Simbol
(Symbol)
·
Bentuk
Nyata (Form)
3. Tekstur (Texture)
Tekstur merupakan tampilan permukaan
(corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba.
4. Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak suatu bentuk
dengan bentuk lainnya, biasa dijadikan unsure untuk member efek estetika dan
dinabika desain grafis.
5. Ukuran (Size)
Ukuran merupakan unsur lain dalam
desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek.
6. Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam
obyek desain. Warna dapat menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau
membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.
PRINSIP
Pesan
suatu visual harus kreatif (asli, inovatif dan lancer), komunikatif, efisien
dan efektif, sekaligus indah/estetis. Berbeda dengan prinsip desain grafis.
Dalam ilmu desain grafis, selain prinsip-prinsip diatas terdapat beberapa
prinsip utama komunikasi visual dari sebuah karya desain.
1. Kesatuan (Unity)
Salah satu prinsip tata rupa yang sangat penting. Tidak
adanya kesatuan dalam sebuah karya rupa akan membuat karya tersebut terlihat
tercerai-berai, berantakan, sehingga tidak nyaman dipandang. Prinsip ini
sesungguhnya merupakan prinsip hubungan.
2. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan adalah keadaan yang
dialami oleh suatu benda jika semua daya yang bekerja saling meniadakan.
3. Proporsi (Proportion)
proporsi termasuk prinsip dasar tata
rupa untuk memperoleh keserasian, untuk memperoleh keserasian dalam sebuah
karya diperlukan perbandingan-perbandingan yang tepat.
4. Irama (Rhythm)
Irama adalah pengulangan gerak yang
teratur dan terus menerus. Dalam bentuk-bentuk alam bisa kita ambil contoh
pengulangan gerak pada ombak laut.
5. Dominasi (Domination)
Dominasi merupakan salah satu
prinsip dasar tata rupa yang harus ada dalam akya seni dan desain. Dominasi
adalah keunggulan, sifat unggul dan istimewa yang akan menjadi unsur sebagai
penrik dan pusat perhatian.
Peralatan
Desain Pemodelan Grafik
Peralatan yang digunakan oleh
desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan
komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain
sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.
Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah
aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada
manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah
merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan
perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan
seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari
media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang.
Desain 2D dan 3D
2 dimensi atau biasa disingkat 2D atau bidang adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Istilah ini
biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. 2D
hanya bisa dilihat dari 1 sisi. Contoh animasi 2D biasanya dibuat pada film
kartun jaman dulu karena tidak memerlukan banyak waktu bekerja. Gambar -gambar
dan komik - komik jaman dulu juga merupakan hasil dari 2 dimensi. aplikasi
pengolah gambar 2D bisa menggunakan image editor seperti paint, adobe
photoshop, corel draw.
Sedangkan 3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang adalah bentuk
dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya
digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Gambar 3D dapat
dilihat dari segala arah karena memiliki 3 sumbu x, y, dan z. 3D adalah
pengembangan dari 2D. Dengan 3D, karakter atau objek yang diperlihatkan semakin
hidup dan nyata, mendekati wujud aslinya. aplikasi pengolah gambar 3D yaitu
blender, 3DStudioMAX, AutoCAD.
Software Pendukung Desain Grafik
Ada beberapa software yang
digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing
• Adobe Photoshop
• Adobe Illustrator
• Adobe Indesign
• GIMP
• InkScape
• CorelDraw
• Adobe Page Maker
Webdesign
• Adobe Dreamweaver
• Microsoft Frontpage
• Notepad
• Adobe Photoshop
Audiovisual
• Adobe After Effect
• Adobe Premier
• Final Cut
• Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
• Ulead Video Studio
• Magic Movie Edit Pro
• Cyberlink Power Director
Rendering 3D
• 3Ds Max
• Maya
• AutoCAD
• Google SketchUp
• Blender
• Unity 3D
• Adobe Photoshop
• Adobe Illustrator
• Adobe Indesign
• GIMP
• InkScape
• CorelDraw
• Adobe Page Maker
Webdesign
• Adobe Dreamweaver
• Microsoft Frontpage
• Notepad
• Adobe Photoshop
Audiovisual
• Adobe After Effect
• Adobe Premier
• Final Cut
• Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
• Ulead Video Studio
• Magic Movie Edit Pro
• Cyberlink Power Director
Rendering 3D
• 3Ds Max
• Maya
• AutoCAD
• Google SketchUp
• Blender
• Unity 3D
SUMBER :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar