FOOTBALL FIGHTING AND FASHION

Senin, 05 Oktober 2015

TUGAS SOFTSKILL 1 ( PERUSAHAAN YANG BERGERAK DIBIDANG IT )



Tugas Softskill 1



Nama   : Arif Noviyanto

NPM     : 51412117

Kelas    : 4IA25

Pengantar Bisnis Informatika
 



                                      PT. Metrodata Electronics, Tbk





Profil Perusahaan :

PT. Metrodata Electronics, Tbk (“Perseroan”) merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi komunikasi (TIK) terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 17 Februari 1983 sebagai salah satu Perseroan dalam kelompok usaha METRODATA yang telah berkiprah di bidang TIK sejak tahun 1975.
Dengan pengalaman lebih dari 38 tahun di bidang teknologi informasi dan komunikasi, METRODATA selalu menyertai perjalanan bisnis para pelanggannya. Tangan-tangan profesional setiap karyawan METRODATA terus berkarya menghasilkan inovasi untuk menjawab tantangan perubahan zaman.
Tahun 2010, dalam kontes pemilihan "The Most Powerful Companies" Per Sektor Industri di Majalah Warta Ekonomi, Perseroan berhasil menempati urutan Pertama untuk kategori sektor Trade, Service & Investment dalam sub sektor Computer and Services. Tahun 2009, Perseroan mendapat Ranking 1 Sektor Elektronika serta peringkat 11 dari Seluruh Emiten Tahun 2009 versi Majalah Investor. Sedangkan di tahun 2008, Perseroan menerima penghargaan sebagai The Best Listed Company 2008 - Emiten Dengan Kinerja Terbaik Sektor Elektronika yang diberikan oleh Majalah Investor dan Globe Media Group.

Struktur Organisasi :




Visi Perusahaan

Sebagaimana umumnya perusahaan-perusahaanyang sudah mapan, Perseroan memiliki seperangkatprinsip panduan yang menjadi acuan bagi manajemenmaupun karyawan dalam mengembangkan strategi Perseroan serta dalam membangun reputasi Perseroan. Visi dan Budaya Perusahaan Perseroan tercermin dengan baik dalam pernyataan berikut :

Visi Perseroan

Memaksimalkan nilai bagi pemangku kepentingan danmembangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.

Budaya Perusahaan

Bagi METRODATA budaya perusahaan bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi merupakan jiwa dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi, serta pembimbing METRODATA dalam mencapai tujuannya.

Budaya perusahaan terutama sangat penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap fokus seraya bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah dengan cepat serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat, lincah dan unggul.
Efektif sejak 1 Januari 2013, METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan pengamalan budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar utama Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship.
 
PILAR UTAMA 1 | INTEGRITAS

Integritas adalah konsistensi dalam bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum, serta berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.
Perusahaan yang tidak memiliki integritas sebagai fondasinya biasanya tak akan bertahan lama. Karena itu nilai ini menjadi yang pertama dan utama dan harus dimiliki, dihayati dan diamalkan oleh setiap karyawan. Pada tingkat korporasi, integritas merupakan salah satu praktik dalam pelaksanaaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.

Prinsip-prinsip Integritas dalam tindakan :
1.    Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2.    Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3.    Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4.    Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5.    Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
 
PILAR UTAMA 2 | PROFESIONALISME

Profesionalisme adalah sikap, perilaku, dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan yang tinggi yang dikembangkan terus menerus dalam menghadapi tantangan dan mensukseskan Perseroan.
Ketika menggunakan produk-produk dan jasa-jasa METRODATA, pelanggan mengharapkan kualitas pelayanan yang terbaik dari METRODATA sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan mereka. Karena itu setiap karyawan METRODATA dituntut untuk senantiasa profesional.

Prinsip-prinsip Profesionalisme dalam tindakan :
1.    Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2.    Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3.    Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4.    Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5.    Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
 
PILAR UTAMA 3 | ENTREPRENEURSHIP

Entrepreneurship adalah semangat dan jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan, berani mengambil inisiatif, tidak takut dengan kegagalan, dan mampu mengelola hubungan yang harmonis antar pemangku kepentingan.
Perusahaan yang akan unggul dan langgeng dimasa depan adalah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang berjiwa entrepreneur. Tanpa energi entrepreneurship, sebuah perusahaan, apalagi perusahaan teknologi seperti METRODATA terancam menjadi tidak relevan di tengah era persaingan yang sengit.

Prinsip-prinsip Entrepreneurship dalam tindakan :
1.    Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2.    Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3.    Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4.    Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5.    Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan

(Informasi mengenai bidang spesifikasi IT dari perusahaan ini)

 Produk Perusahaan :

Notebook, Netbook, Printer, Storage, Gadget, Tablet PC, Smartphone, Desktop, LCD Monitor, Mouse, Networking, Power, Multimedia, Tas, Softcase, Antivirus, Operating System, Design Software, Server, dan sebagainya.
Kami menjual produk – produk dengan di dukung oleh merk – merk terkenal seperti: Microsoft, Epson, Canon, Brother, Asus, Acer, HP, Lenovo, Samsung, Toshiba, Sennheiser, Philips, Spark, Logitech, Norton, San disk,Kingston, Auto desk, Fujitsu, Emerson, IBM, Targus, Huawei,Thonet & Vander, Edifier, LG, Black Berry, Nokia, Sony, dan lain – lainnya.

(Informasi mengenai luang lingkup area bisnis dari perusahaan ini)

 Ruang Lingkup Perusahaan :

Disamping web store perseroan juga mempunyai modern retail store (“My I”) di beberapa lokasi seperti Metropolitan Mall Bekasi, Supermall Karawaci Tangerang yang dapat mempermudah jika customer ingin melihat – lihat barang yang diminati. Perseroan juga mengelolah penjualan produk IT di beberapa outlet modern channel seperti Carrefour Lebak Bulus, Depok, Ciledug, MT Haryono, Kasablanka, Ambasador, Pluit Village, Emporium, Central Park, Tangerang City, Taman Mini, Bekasi Harapan Indah, Cikarang, Palembang, Medan, Makasar, Pekalongan, Cirebon, Srondol, Semarang, Yogya dan Magelang serta Lotte Taman Surya, Kuningan City, Gandaria City, Fatmawati.
  
(Informasi mengenai omset dari perusahaan ini)

Omset Perusahaan :




Keterangan :

Tahun 2009 : Rp 10,06 Miliar
Tahun 2010 : Rp 20,19 Miliar
Tahun 2011 : Rp 36,54 Miliar
Tahun 2012 : Rp 79,67 Miliar
Tahun 2013 : Rp 113,75 Miliar







 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar