Tugas Softskill 1
Nama : Arif Noviyanto
NPM : 51412117
Kelas : 4IA25
Pengantar Bisnis Informatika
PT. Metrodata Electronics, Tbk
Profil Perusahaan :
PT. Metrodata Electronics, Tbk
(“Perseroan”) merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi komunikasi
(TIK) terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 17 Februari 1983 sebagai
salah satu Perseroan dalam kelompok usaha METRODATA yang telah berkiprah di
bidang TIK sejak tahun 1975.
Dengan pengalaman lebih dari 38 tahun
di bidang teknologi informasi dan komunikasi, METRODATA selalu menyertai
perjalanan bisnis para pelanggannya. Tangan-tangan profesional setiap karyawan
METRODATA terus berkarya menghasilkan inovasi untuk menjawab tantangan
perubahan zaman.
Tahun 2010, dalam kontes
pemilihan "The Most Powerful Companies" Per Sektor Industri di
Majalah Warta Ekonomi, Perseroan berhasil menempati urutan Pertama untuk
kategori sektor Trade, Service & Investment dalam sub sektor Computer and
Services. Tahun 2009, Perseroan mendapat Ranking 1 Sektor Elektronika serta
peringkat 11 dari Seluruh Emiten Tahun 2009 versi Majalah Investor. Sedangkan
di tahun 2008, Perseroan menerima penghargaan sebagai The Best Listed Company
2008 - Emiten Dengan Kinerja Terbaik Sektor Elektronika yang diberikan oleh
Majalah Investor dan Globe Media Group.
Struktur Organisasi :
Visi Perusahaan
Sebagaimana umumnya
perusahaan-perusahaanyang sudah mapan, Perseroan memiliki seperangkatprinsip
panduan yang menjadi acuan bagi manajemenmaupun karyawan dalam mengembangkan
strategi Perseroan serta dalam membangun reputasi Perseroan. Visi dan Budaya
Perusahaan Perseroan tercermin dengan baik dalam pernyataan berikut :
Visi Perseroan
Memaksimalkan nilai bagi pemangku kepentingan danmembangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.
Budaya Perusahaan
Bagi METRODATA budaya perusahaan
bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi merupakan jiwa
dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan
kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi, serta
pembimbing METRODATA dalam mencapai tujuannya.
Budaya perusahaan terutama sangat
penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap fokus seraya
bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah dengan cepat
serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat, lincah dan
unggul.
Efektif sejak 1 Januari 2013,
METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan pengamalan
budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar utama Integritas,
Profesionalisme dan Entrepreneurship.
PILAR UTAMA 1 | INTEGRITAS
Integritas adalah konsistensi
dalam bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum, serta
berkomitmen untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.
Perusahaan yang tidak memiliki
integritas sebagai fondasinya biasanya tak akan bertahan lama. Karena itu nilai
ini menjadi yang pertama dan utama dan harus dimiliki, dihayati dan diamalkan
oleh setiap karyawan. Pada tingkat korporasi, integritas merupakan salah satu
praktik dalam pelaksanaaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik.
Prinsip-prinsip Integritas dalam
tindakan :
1. Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
1. Jujur, beretika, bertanggung jawab dan dapat dipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
PILAR UTAMA 2 | PROFESIONALISME
Profesionalisme adalah sikap,
perilaku, dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi dan
keterampilan yang tinggi yang dikembangkan terus menerus dalam menghadapi
tantangan dan mensukseskan Perseroan.
Ketika menggunakan produk-produk
dan jasa-jasa METRODATA, pelanggan mengharapkan kualitas pelayanan yang terbaik
dari METRODATA sehingga mampu meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan
mereka. Karena itu setiap karyawan METRODATA dituntut untuk senantiasa
profesional.
Prinsip-prinsip Profesionalisme
dalam tindakan :
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
PILAR UTAMA 3 | ENTREPRENEURSHIP
Entrepreneurship adalah semangat
dan jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan perubahan ke arah yang
lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan, berani mengambil
inisiatif, tidak takut dengan kegagalan, dan mampu mengelola hubungan yang
harmonis antar pemangku kepentingan.
Perusahaan yang akan unggul dan
langgeng dimasa depan adalah perusahaan yang memiliki sumber daya manusia yang
berjiwa entrepreneur. Tanpa energi entrepreneurship, sebuah perusahaan, apalagi
perusahaan teknologi seperti METRODATA terancam menjadi tidak relevan di tengah
era persaingan yang sengit.
Prinsip-prinsip Entrepreneurship
dalam tindakan :
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan
(Informasi mengenai bidang spesifikasi
IT dari perusahaan ini)
Produk Perusahaan :
Notebook, Netbook, Printer,
Storage, Gadget, Tablet PC, Smartphone, Desktop, LCD Monitor, Mouse,
Networking, Power, Multimedia, Tas, Softcase, Antivirus, Operating System,
Design Software, Server, dan sebagainya.
Kami menjual produk – produk
dengan di dukung oleh merk – merk terkenal seperti: Microsoft, Epson, Canon,
Brother, Asus, Acer, HP, Lenovo, Samsung, Toshiba, Sennheiser, Philips, Spark,
Logitech, Norton, San disk,Kingston, Auto desk, Fujitsu, Emerson, IBM, Targus,
Huawei,Thonet & Vander, Edifier, LG, Black Berry, Nokia, Sony, dan lain –
lainnya.
(Informasi mengenai luang lingkup
area bisnis dari perusahaan ini)
Ruang Lingkup Perusahaan :
Disamping web store perseroan
juga mempunyai modern retail store (“My I”) di beberapa lokasi seperti
Metropolitan Mall Bekasi, Supermall Karawaci Tangerang yang dapat mempermudah
jika customer ingin melihat – lihat barang yang diminati. Perseroan juga
mengelolah penjualan produk IT di beberapa outlet modern channel seperti
Carrefour Lebak Bulus, Depok, Ciledug, MT Haryono, Kasablanka, Ambasador, Pluit
Village, Emporium, Central Park, Tangerang City, Taman Mini, Bekasi Harapan
Indah, Cikarang, Palembang, Medan, Makasar, Pekalongan, Cirebon, Srondol,
Semarang, Yogya dan Magelang serta Lotte Taman Surya, Kuningan City, Gandaria
City, Fatmawati.
(Informasi mengenai omset dari
perusahaan ini)
Omset Perusahaan :
Keterangan :
Tahun 2009 : Rp 10,06 Miliar
Tahun 2010 : Rp 20,19 Miliar
Tahun 2011 : Rp 36,54 Miliar
Tahun 2012 : Rp 79,67 Miliar
Tahun 2013 : Rp 113,75 Miliar
Sumber :
http://ihsandin.blogspot.co.id/p/softskill-data-perusahaan.html
http://ihsandin.blogspot.co.id/p/softskill-data-perusahaan.html
https://erdendi.wordpress.com/2013/10/06/profil-perusahaan-di-indonesia-yang-bergerak-di-bidang-it/
http://www.metrodata.co.id/index
http://www.metrodata.co.id/index
Tidak ada komentar:
Posting Komentar